Yoga untuk Anak Berkebutuhan Khusus

Special Child Yoga2

Ada yang beda di Balance Mind Body Soul setiap hari sabtu jam satu siang. Terdengar tawa, tepuk tangan dan kadang nyanyian yang meriah dari anak-anak. Mereka bukan sedang bercanda, namun sedang berlatih yoga. Dan mereka juga bukan anak biasa, namun mereka adalah anak-anak berkebutuhan khusus seperti anak downsyndrome, anak dengan cerebral palsy, dsb.

Mengapa berkebutuhan khusus? Latar belakang dibuatnya kelas ini tidak lepas dari peran Amalina TH, pendiri sekaligus pengajar senior yoga di Balance Mind Body Soul. Awalnya Balance didirikan sebagai usaha untuk menunjang keberadaan Yayasan Bunga Melati, sebuah yayasan sosial untuk anak-anak downsyndrome yang juga didirikannya. Seiring dengan waktu, Balance berkembang menjadi studio yoga untuk umum yang lebih populer.

Beberapa tahun terakhir, ketika Amalina TH berlatih Yoga, putri keduanya yang juga downsyndrome sering ikut-ikutan melakukan yoga. Ada beberapa postur yang ternyata dapat dilakukan dengan mudah olehnya. Namun ada juga yang susah. Menyadari  efek kesehatan dari latihan ini, Amalina terus membimbing putrinya untuk terus giat berlatih yoga. Ternyata putrinya senang dan bisa menikmati prosesnya. Hasilnya, banyak kemajuan positif yang diperlihatkan. Postur yang tadinya susah, sekarang dapat lebih mudah dilakukan. Otot yang tadinya lemah menjadi lebih kuat namun tetap fleksibel (pada umumnya anak downsyndrome mempunyai otot yang lemah), ketahahanan dan kekuatan tubuh meningkat, konsentrasi dan fokus juga meningkat. Secara umum, putrinya dapat turut merasakan seluruh manfaat kesehatan dari latihan yoga ini.

Supaya anak downsyndrome lain dapat turut merasakan manfaatnya, maka dibukalah kelas yoga ini untuk umum. Untuk dapat dimanfaatkan lebih luas, kelas ini akhirnya juga terbuka untuk anak berkebutuhan khusus yang lain seperti autis, cerebral palsy, mental dissability dan sebagainya.

Kembali ke cerita di kelas yoga tadi, Saya turut menikmati suasana keceriaan ketika mendampingi anak-anak sedang ber-yoga. Masing-masing anak didampingi oleh satu pendamping yang kebetulan para sukarelawan dari kelas yoga untuk umum. Oya, karena ini kelas untuk anak, metode dan cara pendekatannya berbeda dengan kelas yoga untuk orang dewasa. Kelas ini lebih banyak unsur “fun” yang menggabungkan yoga dan bermain. Dengan antusias mereka memperagakan berbagai postur yoga yang populer seperti postur ular (bhujangasana), postur anjing (adhomuka svanasana), postur pohon (vrksasana) sambil bermain-main. Menariknya empati mereka terhadap teman yang lain juga ditunjukkan di kelas dengan saling memotivasi temannya supaya bisa melakukan postur yoga dengan sempurna. Saya menjadi ikut terharu.

Special Child Yoga4

Ternyata pose ini cukup mudah dilakukan, orang normal malah belum tentu bisa melakukan dengan sempurna.

Special Child Yoga3

Anak-anak sedang melakukan pose anjing (Adhomukha Svanasana) sambil bermain anjing.

Special Child Yoga1

Yang ini namanya pose ular.. ayo jadi ularrr… (Bhujangasana)

Akhir sesi latihan ditutup dengan savasana (postur mayat). Kebetulan waktu itu diputarkan musik relaksasi dengan beat tempo yang pelan dari CD. Musik lembut dengan background suara alam seperti suara burung yang berkicau, air yang gemericik dan angin yang berhembus. Ternyata mereka semua dapat rileks dan tenang menikmati suasana. Bahkan Keke, salah satu anak, katanya sampai tertidur dan bermimpi bertemu dengan seorang pangeran. Setelah selesai, tanpa canggung dia lalu bercerita kepada kami. Ceritanya menarik dan lucu sekali. kami dibuat tertawa dengan cerita dan kepolosannya. Dan ternyata yoga juga bisa membantu membangkitkan kreatifitas mereka.

Dari situ saya tersadar, walaupun dengan semua keterbatasan, mereka tetap sama seperti anak yang normal. Bila diberi perhatian, mereka bisa diarahkan, dilatih dan diajari. Mereka sanggup berusaha dan melakukan. Selain itu, mereka juga punya emosi, bisa merasakan, menikmati kesenangan, humor, keceriaan dan sebagainya.

Advertisements

One thought on “Yoga untuk Anak Berkebutuhan Khusus

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s